Blog Tentang SEO, Teknologi

Pengertian Nama-Nama Program Komputer (Glosarium)

Blog Kang Fatkhun - Bagi newbie pasti bingung mengenai seluk beluk nama program PC/komputer anda. Glosarium adalah solusinya, semoga pada glosarium ini terdapat pengertian nama program yang anda cari karena kata-kata yang disajikan terbatas. Tanpa basa-basi, berikut glosarium part 1.
Pengertian Nama-Nama Program Komputer (Glosarium)
  1. ALU : Arithmetic Logic Unit adalah area pada CPU yang berfungsi sebagai pusat pemrosesan operasional untuk komputasi aritmatika dan matematika.
  2. Aplikasi : Merupakan perangkat lunak yang terdiri atas kumpulan baris-baris program sebagai perintah agar sistem dapat melakukan komputasi.
  3. Aplikasi Pengolah Kata : Aplikasi yang dapat membantu pengguna untuk melakukan penulisan, pengeditan dan melakukan format dokumen dalam bentuk teks.
  4. Bandwidth : Rentang antara frekuensi terendah hingga tertinggi yang dapat ditransmisikan. Mengacu pada kapasitas transmisi pada sebuah jalur elektronik dan diukur dalam satuan byte per detik ataupun Hertz.
  5. BIOS : Singkatan dari Basic Input Output System. Merupakan firmware atau program kecil yang berfungsi untuk mengatur kerja standar dari komponen komputer.
  6. Booting : Proses awal pada Komputer untuk pengecekan awal dan membaca semua perintah-perintah dasar masukan dan keluaran (input- output) dan mengidentifikasi semua komponen perangkat yang terpasang pada komputer.
  7. Casing : Wadah penutup komputer dan tempat meletakkan komponen komputer seperti motherboard, drive optic, harddisk, dan lain-lain. Casing ini juga difungsikan sebagai pelindung dari gangguan/bahaya dari luar.
  8. Client-Server : Kumpulan komputer yang saling terhubung oleh sebuah jaringan komunikasi di mana client bertindak sebagai mesin yang meminta data sementara server adalah mesin penyuplai data sekaligus pengendali.
  9. CPU : Singkatan dari Central Processing Unit. Istilah umum untuk menyebut perangkat komputer secara keseluruhan (tanpa monitor). Belakangan istilah ini hanya digunakan untuk menyebut prosesor.
  10. CRT : Singkatan dari Chathode Ray Tube. CRT merupakan teknologi yang memanfaatkan loncatan elektron dan digunakan untuk menampilkan gambar pada layar monitor atau layar televisi. CRT merupakan teknologi monitor dan televisi yang cukup lama digunakan. Ciri khas dari teknologi CRT ini adalah penggunaan layar tabung gelas untuk menembakkan elektron sehingga gambar dapat terbentuk pada layar monitor/televisi.
  11. Desktop : Istilah Desktop mengacu pada tampilan awal sistem operasi pada layar monitor yang biasanya diisi dengan icon-icon yang merupakan shortcut dari program aplikasi.
  12. Download : Proses Mengambil  informasi dari satu komputer ke komputer lainnya.
  13. Upload : Proses mengunggah informasi dari satu komputer ke komputer yang lainnya.
  14. File : Istilah file mengacu pada dokumen/arsip digital yang disimpan dalam sebuah media. Merupakan kumpulan record yang memiliki kesamaan tipe dan membentuk satu kesatuan.
  15. Folder : Ruang virtual di dalam harddisk yang berfungsi sebagai tempat mengumpulkan dan mengorganisasikan file-file.
  16. HAKI : Hak atas kekayaan intelektual. Merupakan hak yang melekat dan dimiliki oleh tiap individu atau instansi yang menciptakan karya cipta orisinil. Karya cipta ini didaftarkan untuk mendapatkan pengakuan.
  17. Hang : Istilah komputer yang mengacu pada tidak adanya respon yang memadai dan tidak berfungsinya komputer secara normal akibat adanya gangguan. Hang ini biasanya ditandai dengan tidak dapat digerakkannya mouse ataupun berhentinya aplikasi secara mendadak.
  18. Icon : Istilah yang digunakan pada sistem operasi berupa sebuah gambar kecil yang melambangkan sebuah perintah yang dapat dijalankan. Icon ini juga berfungsi untuk menggantikan fungsi menu dan sub-menu agar perintah lebih cepat dieksekusi.
  19. Interface : Secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai antarmuka, yaitu merupakan tampilan pada layar monitor yang berinteraksi secara langsung dengan pengguna dan merupakan jembatan penghubung antara pengguna komputer dengan program aplikasi.
  20. LAN : Singkatan dari Local Area Network, merupakan sistem jaringan yang menghubungkan komputer, terminal, dan perangkat input output lainnya dengan area cakupan terbatas.
  21. LCD : Singkatan dari Liquid Crystal Display. Merupakan teknologi baru yang digunakan monitor dan televisi dengan memanfaatkan teknologi Kristal cair untuk menampilkan gambar pada layar monitor/televisi.
  22. Menu : Fasilitas yang terdapat pada aplikasi untuk menjalankan suatu perintah.
  23. Mouse : Merupakan perangkat masukan (input device) pada komputer yang juga berfungsi sebagai alat bantu menunjuk (pointer) dalam menjalankan aplikasi di dalam sistem operasi.
  24. Multimedia : Merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan multifungsi dari sebuah komputer. Kemampuan ini meliputi kemampuan menampilkan gambar, video, suara, dan lain-lain.
  25. Panel Depan : Merupakan tombol ataupun lampu yang berada di bagian depan casing komputer. Panel depan ini umumnya berisi tombol ON/OFF, tombol reset, dan lampu indikator kerja harddisk. Beberapa casing modern juga dilengkapi dengan port USB tambahan pada bagian panel depan komputer.
  26. Partisi : Alokasi kapasitas harddisk untuk penyimpanan file.
  27. Password : Merupakan rangkaian huruf atau angka yang menjadi kata kunci dengan fungsi sebagai pengaman untuk membatasi akses seseorang ke suatu sistem operasi, program aplikasi, folder, atau bagian tertentu. Umumnya password selalu disandingkan dengan nama pengguna (username).
  28. Perangkat Keras : Umumnya juga disebut sebagai hardware, yaitu rangkaian perangkat elektronik dan perangkat mekanik yang saling membantu untuk menjalankan sistem operasi dan aplikasi (perangkat lunak/software) pada komputer.
  29. Perangkat Lunak : Umumnya juga disebut sebagai software, yaitu kumpulan instruksi program yang mendetail, yang berfungsi untuk mengendalikan dan melakukan koordinasi kerja dari komponen perangkat keras/hardware komputer dalam sebuah sistem operasi.
  30. Port : Istilah port mengacu pada konektor untuk menghubungkan suatu perangkat/komponen pada sebuah komputer.
  31. Power Supply : Atau perangkat catu daya listrik. Merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk memasok aliran listrik ke seluruh komponen komputer.
  32. Protocol : Aturan untuk sebuah jaringan saat beroperasi dan mengendalikan alur dan prioritas transmisi data.
  33. Shortcut : Istilah ini untuk menggambarkan jalan pintas dalam membuka suatu program aplikasi atau file. Umumnya shortcut dilambangkan dengan sebuah icon yang berada di layar desktop yang berfungsi untuk mempercepat proses pembukaan sebuah aplikasi.
  34. Sistem Operasi : Merupakan perangkat lunak yang berisi kumpulan baris perintah dan program aplikasi dengan fungsi utama menjembatani komunikasi antara perangkat keras dan program aplikasi dan membantu sejumlah aplikasi untuk berinteraksi dengan perangkat keras komputer.
  35. Software Aplikasi : Program yang ditulis untuk dan oleh pengguna agar komputer dapat bekerja untuk tujuan tertentu sesuai keinginan.
  36. Spreadsheet : Istilah spreadsheet mengacu pada program aplikasi yang berhubungan dengan pengolahan angka, grafik, dan rumus.
  37. Stabilisator : Salah satu periferal pendukung komputer yang berfungsi untuk menstabilkan pasoka listrik menuju perangkat komputer.
  38. Steker : Perangkat listrik yang berfungsi sebagai tempat mengalirkan daya listrik ke perangkat-perangkat elektronik.
  39. Sub-menu : Merupakan fasilitas yang menjadi bagian dari menu yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah yang bersifat lebih spesifik.
  40. UPS : Merupakan singkatan dari Uninterruptable Power Supply. Merupakan salah satu tambahan untuk mendukung kerja komputer. Fungsinya selain untuk menstabilkan pasokan listrik yang masuk ke komputer, juga berfungsi untuk menjaga komputer tidak mati secara mendadak akibat terputusnya aliran listrik menuju komputer. Fungsi terakhir ini dimiliki UPS karena di dalamnya memiliki fasilitas penyimpanan tenaga listrik sementara.
  41. Utility : Bahasa program atau aplikasi yang sifatnya sebagai pendukung untuk mengoptimalkan kinerja hardware.
  42. VoLP : Singkatan dari Voice over Internet Protocol. Merupakan metode telekomunikasi baru dengan memanfaatkan jaringan komputer berbasis protocol internet (IP) untuk mentransmisikan suara.
  43. Wireless : Mengacu pada jaringan tanpa kabel (nirkabel) untuk mentransmisikan data/suara.
  44. Wireline : Mengacu pada jaringan yang memanfaatkan kabel untuk mentransmisikan data/suara.      
Jadi, gimana udah pahamkan seluk beluk komputer. Semoga info Blog kang Fatkhun bermanfaat untuk anda. Baca juga cara mengatasi shortcut desktop sama semua. Baca artikel tutorial membuat hotspot sendiri tanpa bantuan software. Baca juga tutorial memperbaiki charger yang tidak berfungsi. Follow Twitter, dan Fans Page kami. Mohon kritik dan sarannya untuk pengembangan blog ini, sekian terima kasih.
Tag : TIK
0 Komentar untuk "Pengertian Nama-Nama Program Komputer (Glosarium)"

- Pesan Berdasarkan Topik
- Pesan Tidak Mengandung SARA dan Pornografi

Back To Top