Blog Tentang SEO, Teknologi

Kelebihan, Kekurangan Kosmetik Buatan/Kimia dan Alami

Blog Kang Fatkhun Secara umum bahan kosmetik ada dua yaitu kosmetik alami dan kimia. Kosmetik bahan alami adalah kosmetik dimana bahan baku yang dipakai sebagian besar menggunakan tanaman herbal. Kosmetik bahan kimia adalah produk kosmetik yang menggunakan campuran bahan kimia khusus untuk perawatan tubuh manusia. Kedua kosmetik ini memiliki kelebihan dan kekurangan dan akan saya beri contohnya.



  • Kosmetik Alami

Kelebihan :
1. Jarang sekali terdapat efek samping yang terlalu beresiko. Karena bahan alami tidak terlalu memilki kandugan yang berbahaya bagi kulit maupun kesehatan.

2. Menghalangi penuaan dini dengan alami. Penuaan dapat berlangsung dikarenakan factor lingkungan, sinar matahari serta polusi. Karenanya butuh kosmetik yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk mencegah radikal bebas untuk kulit. Tiap-tiap kosmetik organik tentu memiliki kandungan antioksidan.

3. Menyelamatkan untuk kulit peka. Kulit yang peka sukar memperoleh kosmetik yang pas. Kulit peka amat rawan mengalami alergi, gatal serta kemerahan apalagi timbul jerawat. Maka amat pas memakai product bahan alami. Kandungannya tak lagi menyumbat pori-pori sebagai pemicu jerawat.

4. Turut melestarikan lingkungan. Dengan menggunakan bahan alami maka akan tidak menyebabkan pencemaran pada air yang dipakai untuk mencuci muka kamu.

5.  Aman terhadap ozon dan lingkungan.
6.  Kemasan dapat didaur ulang.
7.  Resmi di Indonesia atau tergabung di APLI ( Assosiasi Penjualan Langsung Indonesia )
8. Bila digunakan tidak menimbulkan efek samping pada kulit, rambut, kuku, mata, dan saluran nafas.

Kekurangan :
Bahan baku pembuat kosmetik alami semakin langka, harus teliti dalam membeli produk kosmetik alami karena hampir serupa dengan kosmetik bahan kimia. 

  • Kosmetik Buatan/kimia :

Kelebihan :
Mengangkat zat zat kotor yang mencemari di daerah kulit, menjaga komposisi cairan pada kulit, membuat perlindungan kulit dari tuturan cahaya ultra violet, memperlambat munculnya kerutan serta melembutkan jenis kulit yang kasar.

Kekurangan :
Menambah resiko penyakit kanker, mengakibatkan alergi kepada orang yang memiliki kepekaan yang tinggi, memicu masalah sistem reproduksi, memicu  kekebalan kuman pada antibiotik, iritasi mata serta kulit, kerontokan  pada rambut, munculnya ketombe. Dikarenakan kebanyakan produk kosmetik kimia mengandung senyawa berbahaya diantaranya :

Paraben :
Senyawa yang mempunyai nama lain yaitu parahydroxybenzoic serta dipakai juga untuk pengawet didalam mie instant mempunyai banyak dampak bila dipakai melebihi batas keamanan. Dikarenakan karakternya serupa  hormon esterogen, didalam tubuh dapat menyebabkan ketidak seimbangan yang menambah resiko penyakit kanker payudara. Didalam kosmetik, paraben kerap dipakai sebagai campuran bahan sabun, bahan sampo, bahan pasta gigi serta deodoran. Walau jarang, kontak langsung kulit juga dapat mengakibatkan alergi kepada orang yang memiliki kepekaan yang tinggi.

Phthalate :
Bahan ini digunakan juga didalam pembuatan plastik supaya elastis dan lentur. Efeknya untuk kesehatan bila terhirup bahkan tertelan yaitu memicu masalah sistem reproduksi serta alergi. Didalam kosmetik, phthalate dipakai sebagai pelarut bahan tambahan didalam beragam product wewangian.

Triklosan :
Dengan segera, triklosan yang dipakai didalam sebagian product sabun serta pasta gigi dapat menyebabkan masalah kesehatan waktu bereaksi terhadap lingkungan yang berair. Di antaranya yaitu masalah pada keseimbangan hormon tiroid. pemakaian triklosan terlalu berlebih juga menyebabkan  tidak baik untuk kesehatan, yaitu memicu  kekebalan kuman pada antibiotik. Efeknya biasanya terjadi kemunculan kuman super  pemicu penyakit yang tidak bisa diatasi dengan zat antibiotik.

Wewangian sintetis :
Sebagian spesies binatang seringkali mengeluarkan zat wewangian alami atau feromon,  manfaatnya yaitu untuk menarik lawan jenis saat musim kawin. Oleh manusia, zat wewangian ini dibikin tiruannya dan dipakai didalam minyak wangi, dan sebagian sabun wangi serta product perawatan rambut.
Sebagian wewangian sintetis telah diketahui dapat menyebabkan kanker pada beberapa binatang. Walau belum diuji pada manusia, dianggap senyawa tersebut juga menambah resiko kanker.

Imidazolidinyl urea serta diazolidinyl urea :
Ini adalah pengawet yang sangat banyak dipakai selain zat paraben. Kandungan utamanya adalah formaldehyde yang kerapkali digunakan untuk mengawetkan orang mati. Bahan ini memanglah dapat mengawetkan komposisi didalam kosmetik, tetapi dapat dibuktikan beresiko untuk kesehatan manusia.

Sodium lauryl sulfate :
Umum dipakai didalam product shampoo serta detergen, manfaatnya untuk membuahkan busa yang sangat melimpah. bahayanya, pada kandungan didalamnya bisa mengakibatkan iritasi mata serta kulit, kerontokan  pada rambut, munculnya ketombe, dan reaksi alergi.

pvp va copolymer :
Bahan ini datang dari minyak tanah  serta banyak dipakai di product hairspray. Tak hanya tergolong didalam kelompok toxic, zat kimia ini juga memiliki kandungan partikel yang bisa mengakibatkan kerusakan paru-paru.

Stearalkonium chloride :
Banyak digunakan didalam conditioner serta cream rambut, tetapi bisa mengakibatkan reaksi alergi. Zat ini juga  berbahan yang sama juga dengan yang dipakai di product pelembut kain.

Jadi, dengan adanya informasi ini, semoga sobat lebih paham. Semoga info Blog Kang Fatkhun bermanfaat. Baca juga kumpulan artikel  lainnya disini. Follow Twitter, dan Fans Page kami. Mohon kritik dan saran, sekian terima kasih. 
1 Komentar untuk "Kelebihan, Kekurangan Kosmetik Buatan/Kimia dan Alami"

I certainly agree to some points that you have discussed on this post. I appreciate that you have shared some reliable tips on this review.

- Pesan Berdasarkan Topik
- Pesan Tidak Mengandung SARA dan Pornografi

Back To Top