Blog Tentang SEO, Teknologi

Pengertian, Jenis, dan Cara Menemukan Tema

"Mas, saya ada tugas buat nemuin tema?"

"Mas, tolong share ya cara menemukan tema dengan mudah soalnya masih kesulitan nih?"

"Mas, thanks ya?" 

Sebuah cerpen, sebagai karya yang merupakan “dunia dalam kata” mempunyaikebulatan makna intrinsik yang hanya dapat kalian gali dari karya itu sendiri. Oleh sebab itu sangat penting memahami sebuah cerpen dengan memperhitungkan berbagai unsur pembentuk teks cerpen sebagai suatu jalinan yang utuh. Kalian bisa membongkar dan memaparkan secermat mungkin keterjalinan dan keterkaitan semua unsur yang membagun teks cerpen tersebut sehingga menghasilkan makna yang menyeluruh. Agar kalian lebih memahami berbagai unsur tersebut, seperti tema, tokoh dan penokohan, latar, konflik, alur, dan sebagainya.

#1. Pengertian tema menurut Tarigan :
Tarigan (1993:125) mengemukakan bahwa tema adalah pandangan hidup yang tertentu atau perasaan tertentu mengenai kehidupan atau rangkaian nilai-nilai tertentu yang membentuk atau membangun dasar/gagasan utama dari suatu karya sastra.

#2. Pengertian tema menurut Aminudin :
Pendapat lain dikemukakan pula oleh Aminudin (1995:91) ”tema adalah ide yang mendasari suatu cerita sehingga berperan juga sebagai pangkal tolak pengarang dalam memaparkan karya fiksi yang diciptanya.

Jadi, Tema merupakan makna keseluruhan yang didukung cerita. Tema ini bersifat mengikat keseluruhan masalah yang ada dalam cerita.

<> Jenis-Jenis Tema :

#1. Tema Jasmaniah: Tema jasmaniah adalah tema yang cenderung berkaitan dengan keadaan jasmani seorang pemuda. Tema jenis ini terfokus pada kenyataan diri manusia sebagai molekul, zat, dan jasad. Contoh tema jasmaniah adalalah tema percintaan.
#2. Tema Organik : Tema organik diterjemahkan sebagai tema tentang moral karena kelompok tema ini mencakup hal-hal yang berhubungan dengan moral manusia yang wujudnya tentang hubungan antaramanusia, antara pria dan wanita.
#3. Tema Sosial : Tema sosial meliputi hal-hal yang berada di luar masalah pribadi misalnya masalah politik, pendidikan, dan propaganda.
#4. Tema Egoik : Tema egoik adalah tema yang menyangkut reaksi-reaksi pribadi yang pada umumnya menentang pengaruh sosial.
#5. Tema Ketuhanan: Tema ketuhanan adalah tema yang berkaitan dengan kondisi dan situasi manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

Cara Mudah Menemukan Tema Cerpen :

#1. Untuk menemukan tema, Baca cerpen dengan teliti dan rasakan cerita yang terkandung.
#2. Kemudian identifikasi masalah yang ditemukan dalam cerita. Masalah ini yang kemudian menggiring pada penemuan tema tersebut.
#3. Lalu, dapatkah kalian mengidentifikasi masalah yang ada dalam cerpen tersebut?.
#4. Kemudian, apa tema yang “tersembunyi” di balik cerita pendek tersebut?.

Jadi, unsur intrinsik tentang tema ini akan lebih mudahkan. Semoga info bermanfaat. Jika ada pertanyaan seputar artikel tersebut boleh ditanyakan di kolom komentar.

Terima Kasih
0 Komentar untuk "Pengertian, Jenis, dan Cara Menemukan Tema"

- Pesan Berdasarkan Topik
- Pesan Tidak Mengandung SARA dan Pornografi

Back To Top