Blog Tentang SEO, Teknologi

Panduan Penting Blogger A Sampai Z Untuk Pemula Lengkap

"Mas, apa sih ngeblog itu?"

"Mas, saya pengen ngeblog tapi nggak tahu mulai darimana?"

"Mas, saya masih bingung materi yang harus ditulis?"

Masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan untuk Blogger Pemula. Di atas adalah beberapa pertanyaan yang biasanya sering muncul dan menjadi rating paling tinggi, pertanyaan itu sering saya dapatkan dari Blog maupun media social.

Sumpah saya bingung untuk menjawab satu per satu pertanyaan tersebut, Kenapa? karena pemecahan masalahnya harus dibutuhkan panduan lengkap dan praktik setiap hari. Oleh karena itu, saya membuat postingan ini demi sobat...

Nah, dengan pengalaman saya selama 3 tahun terakhir ini supaya bisa membantu sobat dalam problem solving yang dihadapi. Walaupun, pengalaman hanya segitu saja tidak ada salahnya saling berbagi.

Tanpa banyak basa-basi, baca panduan lengkapnya.

Apa Sih Blog?

Jika sobat masih baru di dunia Blogger, pasti bingung kan!
Kemungkinan besar dari sobat mikirnya cuma penghasil uang, tapi pendapat sobat juga tidak salah namun masih kurang pas.

Banyak informasi mengenai Apa Sih Blog? , tetapi sudah cukup dengan penjelasan simple dari saya.

Blog merupakan salah satu jenis website dari beberapa website yang lain.

Contoh jenis website di internet, sebagai berikut :
  • Portal Berita : (misalnya, kompas.com)
  • Toko Online : (misalnya, bukalapak.com)
  • Media Social : (misalnya, facebook.com)
  • Search Engine : (misalnya, google.com)
  • Forum : (misalnya, kaskus.co.id)
  • Blog : (misalnya, Sugeng.id, Mas Fatkhun Blog)
  • Masih banyak yang lain... 
Terus apa bedanya beberapa website di atas?

Banyak sekali perbedaannya, namun hanya satu hal yang membedakan yaitu fungsi dari website tersebut.

Fungsi awal dari Blog adalah sebagai tempat curahan hati penulis, biasanya yang dibicarakan masih sekitar pribadi penulis sendiri.

Semakin berkembangnya waktu,
Fungsi Blog semakin kompleks. Mulai dari tempat hiburan, media referensi, bahkan sampai peluang bisnis.  

Dari mana Saya Mulai?


Start ngeblog ya.. Tinggal sobat nulis trus post deh, namun cara ini salah. Alangkah baiknya sobat pikir tujuan dan perkembangan Blog kedepan. Tapi kebanyakan Blogger Pemula masih bingung karena kurang percaya diri. 

1. Tentukan Tujuan 
Bagi sobat yang mau ngeblog, tujuan ngeblog sangat penting. Apa yang penting dalam menentukan tujuan sebelum menulis Blog? 

jika sobat sudah menentukan arah masa depan blog sobat maka akan lebih mudah dalam mengelola dan sobat pasti lebih konsisten dalam menggarapnya.
Jangan sampai waktu terbuang sia-sia karena ngeblog banyak membuang waktu, tenaga, dan pikiran sobat. Jadi, diharapkan sobat lebih mengutamakan tujuan terlebih dahulu sebelum ngeblok.

Disamping itu, Blog sobat akan lebih banyak penggemar setia menunggu ide-ide brilian yang sobat tuangkan.

2. Tentukan Topik
Penentuan topik merupakan rintang kedua sobat, pilihlah topik yang sobat kuasai ataupun keahlian sobat. Jika sobat asal buat topik pasti lama-kelamaan sobat tidak menyukainya dan postingan jadi ngaggur gak keurus.

3. Layanan Blog
Bagi Blogger Pemula disarankan memilih layanan Blog gratis saja, seperti Blogger.com atau wordPress.com, dan sebagainya. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun saya anjurkan sobat memilih Blogger.com
Disamping GRATIS, layanan Blog ini juga user friendly. 

4. Ready Menulis
Jika sobat sudah melewati 3 rintangan di atas, maka sobat punya Blog yang harus diisi posting-posting berdasarkan topik yang sobat tentukan sebelumnya.
Mulailah menulis dengan sabar dan tekun, pasti hasilnya maksimal.

5. Mempercantik Blog
Blogger Pemula sebenarnya tidak perlu mempercantik blog terlebih dahulu, seperti memasang widget maupun mengganti template Blog. Fokuskan untuk meningkatkan kualitas Blog sobat seperti menulis artikel secara konsisten tentunya bermanfaat, mengetahui seluk beluk Blog sobat. Apa yang harus ditingkatkan lagi demi perkembangannya.

Tapi tidak ada salahnya jika sekedar mengganti Template, karena Blog yang baik di baliknya pasti didukung Template yang responsive, SEO, maupun user friendly. Sobat bisa download templatnya di layanan yang sobat percayai, seperti Template yang saya pakai sekarang buatan Sugeng.id.

Apa Materi yang Ditulis di Blog?


Penulisan materi/topik sudah saya jelaskan secara singakat.
Nah, lebih lengkap lagi baca artikel berikut...

Materi/Topik yang ditulis harus menunjukkan keistimewaan Blog sobat, seperti materi tentang pendidikan, materi tentang bisnis, materi tentang tutorial Blog, dan sebagainnya. Disarankan sobat harus pilih satu materi saja, Kenapa? supaya sobat bisa fokus dalam ngeblok, jika banyak materi dalam Blog sobat pasti lama-kelamaan bosan dan Blog sobat tidak mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan Blog-blog yang  lainnya.

Saya buat gambarannya biar paham.
Misalnya, saya pilih materi tutorial Blog. Dari materi itu saya gali lagi lebih dalam, seperti tutor buat table di Blog, Tutor pasang iklan Adsense, Tutor mencari penghasilan dari Blog. Jadi, dari satu materi bisa menjadi banyak materi tapi tetap dalam konsep tutorial Blog.

Tidak terasa sudah panjang banget artikel ini. Semoga informasi di atas bisa membantu sobat. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan. Bila ada saran mohon isi kotak komentarnya.

Terima Kasih 
2 Komentar untuk "Panduan Penting Blogger A Sampai Z Untuk Pemula Lengkap"

http://galangkartika.blogspot.co.id/2016/05/melamar-kerja-di-bank-bri.html

- Pesan Berdasarkan Topik
- Pesan Tidak Mengandung SARA dan Pornografi

Back To Top